Cara ampuh menurunkan bounce rate

Hello2, Diartikel ini kita bersama akan membahas tentang bounce rate. Apa itu bounce rate? Bounce rate artinya rasio pantulan. bounce rate dijadikan sebagai skor pelacakan tentang berapa lama setiap pengunjung berada didalam website anda untuk mencari dan membaca informasi yang dibutuhkan. Terkadang banyak pemilik website menganggap sepele dengan skor bounce rate ini, yakni bounce rate menjadi satu faktor untuk menilai bagaimana kualitas setiap website.

Coba lihat diakun google analytics yang terkait dengan website anda. Jika skor bounce ratenya sangat tinggi itu menandakan setiap pengunjung website tidak merasa betah bila berada didalam website anda. Dan ini tidak boleh dianggap enteng, karena akan membuat reputasi website menjadi tidak baik dihadapan google.


Maka sebaliknya. jika skor bounce rate website sangat sedikit itu tandanya Anda sudah berhasil menyelesaikan misi anda untuk membuat semua pengunjung website merasa nyaman ketika mengunjungi dan berada didalam website anda lebih lama untuk mencari dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Ingat, kepuasan pengguna adalah nomor satu. Jika anda sudah memberikan fasilitas penuh kepada semua pengunjung website besar harapan artikel website akan selalu muncul dihalaman 1 google dan sangat sulit untuk digeser dengan pesaing lainnya. Jika anda kurang yakin dengan segala ucapan yang saya berikan bisa dicoba sendiri dan pastinya hasil yang diberikan pun akan sangat memuaskan :)

Berikut jenis website yang memiliki skor bounce rate sangat baik
  1. Website video (seperti YouTube).
  2. Website game.
  3. Website musik.
Ketiga jenis website ini rata2nya hampir memiliki skor bounce rate yang sangat baik. Karena banyak orang yang hobinya menonton video, bermain game dan mendengar musik. Kalau website berita bagaimana? Kebanyakan website berita memiliki skor bounce rate yang kurang baik. Karena banyak orang yang kurang suka untuk membaca berita. Ini fakta bukan mitos.

Inilah Penyebab bounce rate naik tinggi
  1. loading blog anda sangat lambat. sudah saya katakan diartikel sebelumnya, kecepatan loading blog sangatlah mempengaruhi kesegala halnya. terutama pada kepuasan pengguna jika loading blog anda sekarang ini sangat lambat maka semua orang yang mengunjungi blog anda akan merasa kesal untuk menunggunya dan secara otomatis semua pengunjung tersebut kabur begitu saja meninggalkan blog anda dan mengunjungi blog lain yang teroptimal lebih cepat.
  2. terlalu banyak memasang iklan. pemasangan iklan yang berlebihan membuat kepuasan pengguna menjadi tidak baik. diantaranya membuat pengunjung menjadi kurang nyaman untuk membaca artikel blog anda karena tata letak blog anda menjadi tidak rapi. bahkan jika pengunjung sudah merasa kesal dan salah mengklik area yang teralihkan untuk mengklik sebuah iklan yang sudah dipasang maka ia langsung tambah kesal. apa yang dilakukan selanjutnya? pengunjungnya akan kabur dan mengunjungi blog lainnya. tidak hanya itu saja, dengan memasang iklan di blog hingga banyak juga membuat kecepatan loading blog menjadi sangat lambat.
Begini Cara Menurunkan Bounce Rate dengan cepat
  1. Percepat loading website anda. 
  2. Perbanyak jumlah kata pada artikel website dan tingkatkan kualitasnya.
  3. Masukan video didalam artikel. Untuk website yang membahas Niche tutorial tips ini disarankan untuk dicoba. Selain menurunkan skor bounce rate juga membuat semua pengunjung cepat memahami tentang artikel tutorial yang anda sediakan.
  4. Hindari pemasangan iklan yang sangat berlebihan. 
  5. sempurnakan tata letak dan tampilan blog anda. tampilan blog yang indah akan membuat pengunjung merasa betah untuk berada didalam blog anda lebih lama.
  6. Pasang artikel terkait (related post) di setiap artikel blog.
Cara tidak baik menurunkan skor bounce rate yang sering digunakan
  1. Memasukkan banyak kata kunci yang tidak penting di artikel website sehingga jumlah katanya bertambah banyak yang bertujuan untuk membuat banyak waktu yang dimiliki semua pengunjung website menjadi habis sia2 untuk membaca informasi yang tidak bermanfaat.
  2. Membangun program penghitung waktu mundur di website untuk menunggu hal yang tidak penting.
  3. Banyak memasukkan gambar di artikel website sehingga kalau dilihat jumlah artikel websitenya sangat banyak ketika discroll kebawah, padahal bukan. Cara Seperti ini sangat salah dan juga dapat membuat kecepatan loading website bertambah lambat.
  4. Memperbesar ukuran font yang digunakan pada artikel website sehingga kalau dilihat jumlah artikel websitenya sangat banyak, padahal sedikit. Cara seperti ini sangat salah bertujuan untuk menghabiskan banyak waktu pengunjung untuk melihat ukuran font yang besar.

Comments