Cara mempercepat loading blog hingga 2x lipat

Loading blog yang cepat adalah kriteria yang paling disukai banyak orang dan juga termasuk kedalam kategori blog yang seo friendly. loading blog juga memiliki peranan yang sangat penting untuk kedepannya (penentu kesuksesan). Salah satu kegunaannya yaitu dapat meningkatkan pengunjung blog. Bisa dibayangkan, ketika teman anda mengunjungi blog anda dan blog anda memiliki loading yang sangat lambat, maka teman anda akan merasa kesal untuk menunggu.

Dan secara otomatis, teman anda akan meninggalkan blog anda begitu saja dan akan mengunjungi blog yang lainnya. Perlu diketahui, ini adalah penyebab utama yang membuat skor bounce rate naik secara drastis. Lantas, jika anda memiliki blog yang mirip seperti ini, apa yang harus dilakukan? Yaitu anda harus meningkatkan loading pada blog agar menjadi lebih cepat lagi dari yang sebelumnya. Untuk mempercepat loading blog bagaimana (maklumlah min, saya masih pemula nie hahaha)? Cara nya sangat mudah lho.Langsung aja kuy dilihat, dan dicermati ulasannya diberikut ini.

cara mempercepat loading blog hingga 2x lipat
  1. Gunakanlah template blog yang ringan dan loadingnya cepat. Ini merupakan faktor utama yang akan mempengaruhi loading blog anda kedepannya.
  2. Hapuslah widget yang dipasang diblog, yang dianggap tidak berguna. Saran dari saya, gunakanlah widget pencarian, dan widget postingan populer saja. Perlu diketahui, ini adalah widget yang biasa dipakai oleh para pakar blog.
  3. Hindari penggunaan gambar, animasi, banner ataupun sejenisnya yang berlebihan didalam blog (ini adalah penyebab utama yang membuat loading blog menjadi sangat lambat).
  4. Hindari penggunaan javascript, iframe, dan sejenisnya yang dianggap sangat berlebihan.
  5. Kompesslah seluruh kode yang terdapat didalam template blog anda. Bagaimana carannya min? Carannya yaitu, kunjungi website yang menyediakan fitur compress html kode (anda bisa mencari sendiri) >> copy lah seluruh kode pada template blog anda >> tempelkan kodennya  kedalam website nya (pada kolom kosong yang sudah disediakan) >> klik tombol compress >> lalu tempelkan lah hasil kode yang sudah berhasil dikompress kedalam template blog anda lagi.
  6. minifykan setiap kode html, javascript dan css blog. langkah ini berfungsi untuk meringankan ukuran template blog dan pastinya menambahkan kecepatan loading nya.
  7. jangan terlalu banyak memasang iklan di blog. masih banyak orang yang belum mengetahui bahwa dengan memasang banyak iklan di blog akan membuat loading blog menjadi sangat lambat. jadi, jika ingin loading blog anda kencang maka pasang iklan secukupnya aja.
  8. optimalkan ukuran gambar pada setiap artikel blog. ukuran gambar yang besar bisa jadi penyebab utama yang membuat loading blog menjadi sangat lambat. ingin loading blog anda menjadi sangat kencang? maka kecilkan ukuran gambar semaksimal mungkin.
  9. Optimalkan penggunaan font. Banyak yang belum mengetahui penggunaan font juga mempengaruhi kecepatan loading blog. Jika font yang digunakan memiliki ukuran yang besar hingga lebih dari 17px hal-hasil kecepatan loading blognya akan sangat lambat. Maka dari itu sebaiknya pikirkan matang2 untuk menentukan jenis font terbaik yang akan digunakan pada artikel blog anda nantinya. Saran dari saya gunakan font yang berukuran 15px. Selain mengecilkan waktu muat juga membuat artikel enak dibaca.
  10. dan yang terakhir, hubungkan blog dengan cdn (content delivery network).

Comments