Cara Pasang AMP di Wordpress

Amp Wordpress - AMP adalah singkatan dari accelerate mobile Page, yang berarti penyempurnaan website dihalaman seluler. Sekarang ini zamannya mobile. Mau internetan pakai mobile, mau nelpon pakai mobile, mau apapun pakai mobile wkwkkwwk. Tidak heran melihat kalangan blogger banyak yang memperbincangkan tentang amp. Kita sebagai seorang blogger pemula pasti akan selalu bertanya, apa sih kegunaan bila memasang AMP di wordpress? Salah satu kegunaannya adalah akan membantu meningkatkan ranking artikel blog dimesin pencarian google, akan membuat reputasi blog menjadi lebih teroptimal dan juga akan meningkatkan pengunjung blog.


Ingat, kepuasan pengguna adalah nomor satu. Dengan memasang AMP membuat website yang dimiliki menjadi lebih cepat 2x lipat Sangat berbeda dengan yang sebelumnya. Coba lihat dan cermati dengan seksama. Kebanyakan website yang loadingnya super maknyus akan selalu tampil heldope di halaman 1 google. Jika dibandingkan dengan website yang memiliki loading sangat lambat yeah akan kalah saing atau memiliki harapan kecil untuk tampil dihalaman 1 google. Kalaupun website anda sama dan selalu tampil dihalaman 1 google itu kemungkinan dikarenakan domain authority dan page authority website anda sudah tinggi (reputasi websitenya sudah baik).

situs yang sudah terpasang dengan amp jika dicari dan dilihat di mesin pencarian google, maka gambar / icon petir akan muncul. berbeda dengan situs yang biasanya. ini menjadi ketertarikan banyak orang untuk menggunakan amp. ingin memasang amp di situs wordpress tapi tidak tahu bagaimana cara melakukannya? okelah kalau begitu. diartikel ini admin mukiller.net akan memberitahukannya, dan langsung saja lihat ulasannya diberikut ini.

cara memasang amp di wordpress
  • pasang dan aktifkan plugin amp di situs wordpress anda.
  • klik general pada pengaturan plugin ampnya > pilih "template mode" yang ingin dipakai > centang "Automatically accept sanitization for any newly encountered AMP validation errors" pada "validation handling" > klik simpan perubahan. langkah selanjutnya ialah melakukan pengujian amp.

cara check amp

selang beberapa waktu, ketika sudah berhasil memasang amp di wordpress maka webmaster tool langsung mendeteksi adanya markup amp yang ditemukan didalam situs wordpress anda dengan di iringi kemunculan menu amp di search console yang baru. dimenu amp tersebut anda bisa melihat halaman wordpress mana saja yang valid amp dan yang tidak mendukung amp (error).

atau yang lebih simpelnya lagi anda bisa melihat pengaturan plugin amp di wordpress, dengan mengklik menu "error index". jika terdapat invalid elements baik itu javascript dan css anda bisa langsung memperbaikinya. jika tidak mengetahuinya, maka biarkan saja. langkah ini bertujuan untuk mempercepat proses penyempurnaan markup / structure data amp di wordpress. oh iya, saya lupa memberitahukannya. jika amp sudah terpasang di situs wordpress, maka pakailah template wordpress yang mendukung amp sepenuhnya.

Template Wordpress Valid Amp

1. costumify

Costumify merupakan template wordpress yang  ringan, responsive dan Seo friendly. Tampilannya sangatlah milenial juga mudah diedit. dengan dilengkapi banyak fitur, membuat banyak orang yang memakai templatenya menjadi sangat puas. Banyak orang yang memakai template costumify dan saya lihat rating yang diberikan pun lumayan bagus.

2. astra
Tidak berbeda dengan costumify. Astra merupakan template yang ringan, responsive dan Seo friendly. Kedua template ini juga sudah termasuk kedalam template wordpress yang sangat populer. Yang artinya template tersebut laris dikalangan pengguna wordpress. Siapa saja bisa memakai template astra. Karena templatenya disediakan secara gratis tanpa bayaran. Ditemplate Astra juga terdapat fitur premium. Yang artinya jika mengupgrade templatenya ke tingkat premium, maka fitur yang dihasilkan pun jauh lebih bagus.

3. neve
Neve merupakan template wordpress yang unik dan menarik. Neve juga mendukung penuh untuk penggunaan AMP. Tanpa memakai plugin AMP di wordpress, maka website wordpress anda sudah digolongkan kedalam AMP. Template neve sangatlah mudah diedit. Dengan melakukan sedikit penyetingan, tanpa ribet tampilan wordpress anda menjadi lebih teroptimal.

Tidak kalah dengan yang lainnya. Generatepress merupakan tema WordPress yang ringan, responsive dan Seo friendly. Dengan tampilan yang menarik dan elegan, membuat tampilan wordpress menjadi tampil maksimal berbeda dengan yang sebelumnya. Generatepress juga mendukung Amp. Tinggal memasang dan mengaktifkan plugin AMP di wordpress, maka tampilan wordpress anda menjadi full AMP. Banyak orang yang sudah memakai template generatepress dan rata2 rating yang diberikan pun lumayan bagus. Sudah terbukti, saya juga sudah pernah memakai template generatepress ini di website mukiller.net. dan tampilan yang diberikan pun lumayan wow banget.

sudah memasang amp di wordpress tapi masih merasa heran melihat gambar petirnya belum juga muncul di mesin pencarian google, apa yang hendak dilakukan? anda tinggal menunggu sampai beberapa waktu saja, sampai webmaster tool selesai mendeklrasikan markup ampnya.

lantas, bagaimana cara memasang amp di blogger? caranya sangat simpel, anda tinggal memasang template blogger yang mendukung amp sepenuhnya.

berikut daftar template amp blogger

1. Vletters Amp blogger



2. Amp Html Blogger Template


3. template noname amp blogger


4. Template betapress amp blogger

Download

5. Template evo amp blogger


6. Template infinite responsive amp


7. Template infinite JLB amp blogger


8. Template sahabat amp blogger

Comments