cara pasang domain di blog

Pasang domain Mungkin dikalangan blogger masih ada yang bingung  untuk memasang domain di blog. Pada awalnya bila sudah membuat blog yang baru di blogger.com anda akan diberi alamat subdomain gratis yaitu blogspot.com. dengan adannya pemberian subdomain yang gratisan ini, membuat ekonomi anda menjadi agak stabil.

Walaupun demikian, yang dinamakan dengan fitur / layanan yang diberi secara gratis, yang pasti kualitas yang dimiliki pun kurang baik / memiliki banyak kelemahan. Berbeda dengan fitur / layanan yang kita beli sendiri (premium). Sama halnya dengan subdomain di blog. Subdomain blogspot.com ini juga memiliki banyak kelemahan. Salah satunya seperti, sangat sulitnya untuk menempatkan artikel blog ke posisi yang baik di halaman mesin pencarian. Butuh waktu yang sangat lama untuk mewujudkan hal tersebut. Kenapa gitu min? Karena, subdomain blogspot.com ini sudah terlalu banyak yang memakainya (tingkat pesaingnya sudah terlalu sangat tinggi).

Kalau kita bandingkan dengan memakai domain tld baru di dalam blog yang fresh juga, akan memberikan banyak perubahan yang baik. Salah satunnya akan memberi harapan yang besar, untuk memunculkan artikel blog di posisi terbaik halaman mesin pencarian. Apalagi artikel blog yang anda miliki berkualitas semua, mau2 artikel blognya muncul dihalaman pertama mesin pencarian (page one). Ini sudah terbukti :)

Bagaimana dengan blog yang anda miliki? Jika artikel blog anda sudah banyak di indeks, umur blog nya sudah agak tua, posisi artikel blog  pun sudah mulai mantap dihalaman mesin pencarian, dan blognya memakai subdomain gratisan, apa yang harus dilakukan yeah min? Yang harus anda lakukan ialah jangan mengotak-ngatik url artikel blog, dan tetap untuk memakai alamat subdomainnya di blog.

Kenapa gitu, emang nya gak boleh memasang alamat domain tld nya di dalam blog min? Bisa sih bisa. Lebih bagusnya lagi anda tetap memakai subdomain di blog. Karena, kalau anda memasang atau mengaktifkan alamat domain baru di blog, akan membuat robot spider menjadi bingung, dan robot spider google akan melakukan proses perayapan ulang ke seluruh isi blog anda. Dan jika hal ini sudah terjadi, mau juga membuat jumlah pengunjung blog menjadi turun (sepi), ditandai dengan penurunan ranking / posisi artikel blog di mesin pencarian.

jika anda mengubah url artikel blog, sudah tidak sama lagi url artikel blog nya seperti pertama kali anda daftarkan di webmaster tool, akan membuat link rusak (broken link) muncul.

Saran saya, bila anda ingin memasang domain tld di blog, sebaiknya dilakukan secara bersamaan ketika blognya baru dibuat juga (blog sama sekali belum di rayapi oleh robot spider), jika anda ingin hal tidak baik tersebut terjadi.

Min, saya baru saja membuat blog dan saya memiliki alamat domain tld yang tidak dipakai. Saya ingin memasang domain tldnya di blog, tapi tidak tahu cara  untuk melakukannya. Berikan donk caranya min?

Cara memasang domain di blog

1. Pada dashboard utama blog, klik  menu setelan >> dasar >> klik + siapkan url pihak ketiga untuk blog.

Cara memasang domain di blog
Cara memasang domain di blog

2. Masukkan alamat domainnya pada kolom kosong yang sudah disediakan >> klik save.

Secara otomatis, akan terjadi error. Bagaimana cara mengatasinnya min? Yaitu anda harus menempelkan kode cname yang sudah diberikan oleh team blogger.com kedalam dns domainnya.

Cara memasang domain di blog

Buat anda yang masih bingung untuk menempelkan kode cname kedalam dns domain, bisa langsung melihat contoh diberikut ini.

Cara memasang domain di blog

3. kopy kode cname yang kedua. kalau diblogger.com tidak ada muncul kode cnamenya, anda bisa melihatnya melalui webmaster tools dengan cara mendaftarkan alamat domainnya >> klik pengaturan >> detail verifikasi >> pilih verifikasi dengan metode yang berbeda >> penyedia nama domain (lainnya).

Cara memasang domain di blog
Cara memasang domain di blog
Cara memasang domain di blog

4. loginkan akun anda pada website penyedia domain yang anda gunakan. seperti contoh: saya membeli alamat domainnya di niaga hoster.

5. klik menu hosting dan domain >> klik kelola pada domain yang ingin dimasukkan kode cname recordnya >> klik dns domain >> klik custom blogspot >> tempelkan kedua kode cnamenya pada kolom yang sudah disediakan, dengan baik dan benar >> klik save changes.


Cara memasang domain di blog
Cara memasang domain di blog
Cara memasang domain di blog
Cara memasang domain di blog
Cara memasang domain di blog

jika sudah selesai, jangan lupa untuk menekan tombol syncronize nya. Mengapa demikian? Agar kode cname yang sudah anda daftarkan tadi disesuaikan dengan baik, dan juga akan menyamakan name servernya secara otomatis.

Cara memasang domain di blog

Tunggu hingga beberapa menit, lalu coba kembali masukkan nama domainnya di blog >> klik save. pasti tidak akan error lagi. Jikalau error masih tetap terjadi error, anda harus menunggu agak lama lagi, sampai proses propagasinnya selesai dilakukan.

Nah, setelah domain tld nya sudah terpasang di blog, jangan lupa juga untuk mengalihkan alamat domain root nya ke alamat domain yang biasa / sedang anda pakai, dengan cara menceklist kotak pengalihannya.

Cara memasang domain di blog



0 Response to "cara pasang domain di blog"

Post a Comment

Berikan komentar terbaik anda mengenai kepuasan anda dalam membaca artikel ini :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel