Blogger Vs Wordpress, manakah yang terbaik?

Blogger vs WordPress - pastinya kebanyakan kalangan blogger pernah mempertanyakan hal seperti ini terkhusus untuk pemula blogger mereka masih merasa ragu untuk memilih platform mana terbaik yang akan digunakan untuk membuat website / bloggernya. Ehem, dipembahasan ini ijinkan admin tulisin website untuk menjelaskan perbandingan antara blogger dengan wordpress beserta penjelasan singkatnya.

Apa itu blogger? 
Blogger adalah platform yang sudah lama dibuat yang sekarang ini sudah dimiliki google. Platform blogger berfungsi untuk membuat website blog secara gratis, bagi siapa saja yang ingin membuat website tapi sama sekali tidak m miliki dana sebaiknya gunakan platform blogger.
Diplatform blogger banyak fitur gratis yang tersedia yang memudahkan penggunanya untuk membuat dan membangun web blogger yang cantik dan menarik. Pemakaiannya sangat mudah terkhusus untuk pemula pasti tidak merasa bingung untuk membuat bloggernya.

Kelebihan dari blogger
  1. Gratis untuk membuat blogger (tidak mengeluarkan dana sepeserpun palingan hanya bermodalkan paket internet saja).
  2. SSL (secore socket layer) gratis. Apa itu SSL? SSL adalah pengaman lalu lintas pada sebuah website dan blogger. SSL ini sangatlah diperlukan untuk memberikan kepuasan dan kepercayaan pengguna dalam mengakses setiap website dan blogger. Tidak hanya itu saja. Kelebihan dari terpasangnya SSL di blogger ternyata dapat meningkatkan ranking artikel blogger di google dan meningkatkan faktor SEO. Pasti masih banyak yang belum mengetahuinya.
  3. Terdapat subdomain. Apa itu subdomain? Mengapa sangat berguna? Subdomain adalah alamat blogger yang diturunkan menggunakan domain utama. Seperti contoh, Domain utama mukiller.net jika dibuat subdomainya maka alamat blogger menjadi example.mukiller.net yang artinya sebuah subdomain pada alamat terakhirnya akan diawali dengan domain utama. Walaupun subdomain kurang bermutu jika dibandingkan dengan domain seperti biasanya dengan membuat blogger menggunakan alamat subdomain akan memberikan kemudahan dalam faktor ekonomi. Yang artinya menghemat kantong.
  4. Terjamin untuk waktu yang sangat lama. Maksudnya apa yeah? Ketika anda membuat blogger di platform blogger, jika dibiarkan begitu saja hingga waktu yang sangat lama web blogger yang sudah anda buat akan terjamin masih bisa diakses. Begitu juga dengan wordpress.
Kekurangan dari blogger
  1. Diwajibkan harus mengetahui pengkodingan. Mengapa ini sangat diwajibkan? Untuk mengedit tampilan blogger agar menjadi lebih unik dan menarik lagi anda harus pandai mengotak-atik segala kode yang terdapat ditemplate blog. Jika sama sekali tidak mengetahui pengkodingan bagaimana? Kan sangat susah untuk mengedit template blognya. Hampir semua orang pasti ingin tampilan web bloggernya menjadi lebih kece. Maka dari itu, tingkatkan ilmu pengkodingan anda jika anda sudah terjun ke dunia blogger. Misalnya skill pengkodingan anda sudah sangat bagus, itu berarti anda bisa membuat template blog sendiri. Selain mendapatkan penghasilan tambahan dari blogger, anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari menjual template blog yang sudah berhasil anda buat. Jika digabungkan kedua penghasilannya maka lebih wow lagi bukan!
  2. Tidak full control.
  3. Tampilannya kurang menarik, kurang elegant dan kurang profesional jika dibandingkan dengan wordpress.
  4. Ketatnya peraturan yang harus dijalani.
Sesudah membahas tentang platform blogger mari kita lanjut untuk membahas tentang platform wordpress.

Apa itu wordpress?

WordPress adalah platform umum yang digunakan banyak orang untuk membuat sebuah website. Sekarang ini, platform wordpress dijadikan sebagai platform terlaris dikalangan website. Mengapa begitu? Karena sudah sangat banyak orang yang menggunakan platform ini hampir tidak terhitung jumlahnya. Jika dibandingkan dengan blogger, penggunanya akan jauh berbeda. Jika diamati dengan baik hampir rata2 website terkenal juga menggunakan platform wordpress. Mengapa begitu yeah? Mari lihat kelebihan yang dimiliki.

Kelebihan dari wordpress
  1. Terdapat plugin / alat bantu yang mempermudah sipemiliknya untuk mengedit dan menyettingnya. Baik dari segi tampilan, segi SEO maupun yang lainnya.
  2. Tampilannya sangat elegant, profesional dan sangat menarik.
  3. Sangat full control jika kita sudah mengupgrade akun wordpress atau membuat website wordpress menggunakan web hosting (wordpress self hosted).
  4. Mudah diindex.
  5. Sangat mudah dalam penggunaannya. Tanpa mengetahui ilmu pengkodingan, kita bisa membuat dan menyetting segala pengaturan yang terdapat di wordpress. Salah satunya di mode tampilan. Perlu diketahui, wordpress sangat berbeda dengan blogger. Salah satu hal yang membedakannya ialah kode yang dipakai wordpress ialah PHP dan kode yang dipakai blogger adalah html.
Kekurangan dari wordpress
  1. Membutuhkan banyak dana untuk mendapatkan full control / menggunakan fitur-fitur yang tersedia diwordpress. Salah satunya seperti memakai plugin wordpress.
  2. Dibutuhkan kejelian yang penuh dalam mengurus website wordpressnya. Jika kita ceroboh untuk mengotak-atik file dan pengaturan wordpress akan memberikan dampak yang sangat berbahaya dikedepan harinya. Bisa2 website wordpress anda menjadi rusak / tidak dapat diakses. Maka dari itu, jika anda tidak mengetahui arti disetiap pengaturan wordpress yang terdapat di web hosting sebaiknya jangan dikotak-kotak biarkan aja (default).
Sudah melihat kelebihan dan kekurangan yang dimiliki dari masing-masing platformnya? Pastinya anda sudah mengetahui platform mana yang terbaik untuk digunakan. Menurut admin tulisin website platform mana yang paling unggul? Gampang saja koq, kalau saya sih langsung memilik platform wordpress untuk membuat dan membangun website indah yang kita inginkan. Selain itu dengan menggunakan wordpress akan terasa sangat bebas untuk membuat dan memiliki website sendiri. Begitulah ulasannya yeah, semoga bermanfaat dan selamat mencoba

0 Response to "Blogger Vs Wordpress, manakah yang terbaik?"

Post a Comment

Berikan komentar terbaik anda mengenai kepuasan anda dalam membaca artikel ini :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel